17 Aplikasi Alternatif TikTok yang Layak Anda Gunakan

Alternatif TikTok

17 Aplikasi Alternatif TikTok yang Layak Anda Gunakan

Alternatif TikTok. TikTok, aplikasi media sosial favorit semua orang untuk menonton video pendek dalam format yang mudah dicerna, mungkin menghadapi larangan di AS karena Presiden Joe Biden telah menandatangani undang-undang yang akan melarang TikTok kecuali ByteDance menjual sahamnya di TikTok dalam waktu 12 bulan.

Meskipun hal ini tidak berdampak langsung, Anda mungkin khawatir dengan masa depan hiburan video pendek Anda. Apakah ada alternatif selain TikTok di luar sana? Sebenarnya jumlahnya cukup banyak. Berikut adalah beberapa alternatif TikTok terbaik yang harus Anda pertimbangkan untuk dicoba — kalau-kalau larangan TikTok benar-benar terjadi.

Snapchat


Jauh sebelum TikTok, ada Snapchat. Snapchat awalnya dikenal karena memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video yang hilang setelah satu hari, serta koleksi filter konyolnya.

Namun, Snapchat juga merupakan alternatif TikTok yang layak saat ini. Itu karena ia telah berevolusi melewati foto-foto yang menghilang dan sekarang menampilkan banyak konten video pendek yang tidak hilang. Snapchat menghadirkan Snap Originals, yaitu konten premium untuk pengguna Snapchat yang berisi acara tanpa naskah, serial dokumenter, serial drama, komedi, dan banyak lagi.

Ini merupakan tambahan dari aspek sosial Snapchat lainnya, seperti kemampuan untuk membuat foto Anda sendiri (menghilangkan foto dan video) dan Stories. Bagian Spotlight juga bagus untuk menemukan konten baru, seperti yang Anda lakukan di Halaman For You TikTok.

Dubsmash


Ini mungkin salah satu aplikasi video musik tertua untuk perangkat berbasis Android dan iOS yang kehilangan sedikit kejayaannya dengan munculnya Musical.ly. Fakta bahwa Dubmash memiliki lebih dari seratus juta pemasangan menunjukkan banyak hal tentang popularitasnya saat ini. Dengan mengunduh aplikasi ini, Anda menjadi bagian dari komunitas besar yang membahas video sinkronisasi bibir yang menghibur.

Anda dapat menggunakan ribuan suara berbeda dalam video Anda, termasuk kutipan film dan TV, yang berarti Anda akan selalu memiliki materi segar untuk video Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda menambahkan stiker dan hamparan teks ke video sehingga Anda dapat membuat video musik yang lebih menawan. Aplikasi ini menampilkan video bergaya cerita Snapchat yang dibagi menjadi dua bagian umpan berita sehingga Anda dapat mengikuti saluran yang Anda sukai dan melacak video terbaru yang diposting oleh teman Anda. Selain memungkinkan Anda memposting video musik di profil Dumbmash Anda, aplikasi ini memungkinkan Anda berbagi video di jaringan media sosial lainnya. Anda dapat menyimpan setiap video yang Anda hasilkan dengan aplikasi ini ke rol kamera Anda.

Bisakah kamu mempercayainya? Banyak sekali bintang film yang merupakan penggemar berat aplikasi ini dan Penelope Cruz adalah salah satunya.

IGTV

Setelah TikTok terkenal, banyak aplikasi yang memperkenalkan fitur serupa. Salah satu aplikasi penting yang melakukan hal ini adalah Instagram, yang meluncurkan IGTV untuk menarik pengguna TikTok. Fitur ini memungkinkan Anda membuat video kecil dan mengunggahnya ke profil Instagram Anda. Pengikut Anda dapat menyukai, berkomentar, dan berbagi video IGTV. Semua video ditampilkan dalam tampilan tipe grid yang mirip dengan TikTok, dan pengguna dapat menggesernya dengan mudah.

Beralih ke IGTV bukanlah ide yang buruk karena pemirsa Instagram jauh lebih beragam, dan mereka lebih suka menonton jenis konten yang berbeda. Ini juga merupakan platform yang sangat baik untuk menghasilkan uang, karena banyak merek mendekati influencer Instagram dan pengguna IGTV karena popularitas aplikasi yang luar biasa dan komunitas yang sangat besar.

Instagram Reels


Seperti Snapchat, Instagram sudah ada jauh sebelum TikTok. Itu pun telah berkembang seiring berjalannya waktu, dan pada tahun 2024 akan memiliki fitur yang mirip dengan TikTok dalam bentuk Instagram Reels.

Reel adalah video berdurasi pendek yang durasinya dibatasi 90 detik, dan Anda dapat membuatnya dari satu klip video atau serangkaian klip yang digabungkan menjadi satu. Reel juga dapat memiliki efek visual dan musik yang diterapkan padanya.

Namun akan sedikit sulit menemukan Reel saja di aplikasi Instagram jika Anda tidak tahu di mana mencarinya. Singkatnya, Anda harus menavigasi ke tab Reels, yang diwakili oleh ikon clapperboard kecil. Setelah Anda cukup menggunakan Instagram, Reel juga akan muncul di feed utama Anda.

Selain Reel, Instagram memiliki postingan foto dan video tradisional, ditambah Instagram Stories, yang mirip dengan foto dan video Snapchat yang menghilang. Anda juga dapat mengirim pesan langsung kepada orang lain. Jika melihat produk yang menarik, Anda bahkan bisa berbelanja langsung melalui Instagram.

Facebook Reels


Sama seperti mitra Instagram-nya, Facebook Reels memungkinkan pengguna memposting klip video berdurasi hingga 90 detik. Karena Facebook dan Instagram sama-sama dimiliki oleh Meta, Anda dapat secara otomatis membagikan Reel yang Anda posting di akun Facebook Anda ke akun Instagram Anda dan sebaliknya. Aplikasi Facebook tersedia di iOS dan Android. 

YouTube Shorts


Saat ini, siapa yang belum memiliki aplikasi YouTube di iPhone atau ponsel Androidnya ? Ini adalah situs berbagi video terbesar di dunia, dan ya, ia memiliki versi video pendek vertikalnya sendiri, seperti TikTok.

YouTube Shorts dapat ditemukan di aplikasi YouTube itu sendiri, selain konten YouTube reguler Anda. Dengan YouTube Shorts, konten berdurasi antara 15 hingga 60 detik, berorientasi vertikal, dan sangat mudah dibuat. Untuk membuat Shorts sendiri, yang Anda perlukan hanyalah kamera ponsel cerdas dan akun YouTube.

Setelah Anda mengisi video berdurasi pendek, Anda juga dapat melanjutkan menonton konten video YouTube biasa tanpa harus beralih ke aplikasi lain. Jika Anda sudah menghabiskan banyak waktu di YouTube, ini mungkin alternatif TikTok paling natural untuk Anda.

Byte


Byte dikembangkan oleh salah satu pendiri Vine, Dom Hoffman, dan saat ini tersedia di Android dan iOS . Antarmuka aplikasi ini mirip dengan TikTok. Anda dapat mengunggah video dari ponsel Anda atau memfilmkan video baru. Ini mungkin memiliki fitur efek khusus paling sedikit dalam hal pengeditan. Saat saya membuat klip, saya hanya bisa menambahkan teks dan lagu, dan pilihan aplikasi untuk keduanya agak terbatas. Salah satu fitur keren yang ditawarkan Byte adalah Mode Hantu: Jika Anda mengetuk ikon hantu saat merekam, gambar asli Anda akan terlihat pudar, menciptakan efek seperti mimpi atau kilas balik. 

Sampai Anda mulai mengikuti pengguna lain, Byte akan menampilkan berbagai video di feed beranda Anda. Jika Anda mengetuk kaca pembesar, Anda dapat mulai menjelajah. Aplikasi ini mengurutkan video ke dalam berbagai kategori seperti hal-hal yang sedang tren, atau genre seperti komedi, anime, hal-hal aneh, hewan peliharaan, sihir, dan banyak lagi, alih-alih menggunakan tagar, seperti yang digunakan TikTok. 

Triller


Bagi mereka yang suka menonton video selebriti favoritnya, Triller adalah alternatif yang bagus untuk TikTok. Nama-nama besar seperti Justin Bieber, Tyga, Josh Richards, Charli D'amelio, Noah Beck, dan banyak lagi dapat ditemukan langsung di Triller.

Jika Anda ingin membuat video pendek Anda sendiri, Triller juga cocok untuk itu. Ini memiliki perangkat lunak pengeditan video bawaan yang kuat setelah dimulai pada tahun 2015 sebagai aplikasi pengeditan video. Sinkronisasi musik juga menyenangkan untuk dimainkan, memungkinkan Anda membuat beberapa video musik keren dengan cepat dan mudah. Triller juga memiliki integrasi dengan Spotify, Apple Music, dan layanan streaming lainnya, sehingga Anda dapat mengimpor perpustakaan yang ada ke dalam aplikasi.

Selebriti seperti Kevin Hart atau Selena Gomez menggunakan Triller untuk merekam dan mengedit video media sosial mereka karena aplikasi ini membuat proses ini menjadi sederhana. Anda harus merekam rekamannya, dan algoritma pengeditan otomatis akan melakukan sisanya untuk Anda. Alat pengeditan video Triller memungkinkan Anda memangkas atau memotong video, menerapkan lebih dari 50 filter, atau bahkan menggambar video untuk mengekspresikan kreativitas Anda.

Jika Anda ingin berkolaborasi dengan teman, aplikasi ini adalah pilihan tepat karena menawarkan fitur video kolaborasi yang canggih. Namun, Triller bukanlah platform jaringan karena hanya aplikasi pengeditan video yang tidak memiliki aspek komunitas. Sebaliknya, opsi berbagi file pada aplikasi ini memungkinkan Anda memposting video yang Anda buat ke akun media sosial di Facebook, Instagram, dan Twitter atau menyimpannya ke rol kamera.

Triller memiliki banyak konten eksklusif dan trending untuk menghibur Anda juga. Dan jika Anda membutuhkan inspirasi, Triller punya banyak. Ini mungkin bukan alternatif TikTok yang paling terkenal, tapi pastinya patut untuk dicoba.

TikTok lebih populer di kalangan generasi muda, namun seperti media sosial lainnya, TikTok bisa dianggap tidak aman. Jika Anda menginginkan alternatif TikTok yang lebih sehat untuk anak-anak Anda, cobalah Zigazoo.

Zigazoo


Zigazoo adalah pendatang baru di dunia video pendek yang ditujukan untuk generasi muda. Anda akan menemukan video yang ringan dan menyenangkan di Zigazoo, dan semua konten harus menjalani tinjauan moderasi yang ketat sebelum dapat dilihat oleh orang lain. Juga tidak ada fitur berkomentar, yang menghilangkan salah satu cara orang menindas orang lain secara online.

Saat menjelajahi konten di Zigazoo, hal ini didasarkan pada tantangan atau petunjuk pendidikan, dan ini juga berlaku untuk pembuatan konten. Jika Anda ingin membuat konten, ada banyak efek, suara, dan filter berbeda yang tersedia.

Likee


Likee adalah aplikasi berperingkat teratas lainnya yang fiturnya sangat mirip dengan TikTok. Anda dapat berbagi dan menonton video, menggunakan filter, dan menambahkan efek khusus, animasi, dan teks ke video Anda. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda menambahkan musik ke video Anda secara asli, menjadikannya aplikasi yang ampuh untuk berbagi. Bahkan ada opsi pengubah kecepatan video yang mirip dengan fitur yang disukai orang-orang di TikTok. Umumnya pengguna Likee berusia cukup muda dan menunjukkan bakatnya seperti menari, menyanyi, dan akting.

Lomotif


Lomotif adalah aplikasi hebat lainnya dengan fitur bawaan yang fantastis untuk membantu Anda membuat konten hebat untuk audiens Anda. Ini memiliki perpustakaan musik yang besar, stiker untuk mengekspresikan suasana hati Anda dan banyak filter kecantikan untuk dipilih. Seperti TikTok Duets, Lomotif memiliki fitur kolaborasi untuk Anda membuat konten dengan kreator lain (atau hanya teman Anda). Ini juga memiliki banyak efek visual yang membuat video Anda menonjol dari yang lain.

Clapper


Clapper memiliki identitas tersendiri yang terpisah dari TikTok namun memiliki fitur serupa. Meskipun banyak aplikasi dalam daftar ini yang benar-benar meniru TikTok, Clapper unik karena audiensnya yang lebih tua dan fitur tepuk punggungnya. Pengguna dapat 'bertepuk tangan' kepada orang lain, sehingga setiap orang dapat berbagi pendapat dan berinteraksi dengan video viral dengan cara yang berbeda.

Fokus utama aplikasi ini adalah menghubungkan pembuat konten satu sama lain. Anda juga dapat membuat grup di Clapper, menambahkan semua orang yang memiliki ide dan pendapat yang sama dengan Anda ke dalam satu grup. Fitur streaming langsungnya memungkinkan pengguna memperoleh uang melalui 'famship', membantu pembuat konten baru membuat konten yang lebih menarik. Banyak bintang TikTok yang viral sebenarnya menggunakan Clapper di samping sebagai sarana untuk terhubung dengan pembuat video lain, memposting konten di kedua platform.

Funimate


Keuntungan paling signifikan menggunakan Funimate dibandingkan TikTok adalah Anda dapat membuat gaya video musik apa pun yang Anda inginkan. Anda dapat membuat video gerak lambat, menyusun beberapa klip video menjadi satu kompilasi, membuat loop video, dan masih banyak lagi. Perpustakaan musik aplikasi yang sangat besar memberi Anda akses ke lagu-lagu populer dan efek suara yang tak terhitung jumlahnya, menjadikannya pilihan sempurna untuk video sinkronisasi bibir.

Funimate menampilkan lebih dari dua puluh efek video canggih yang mengubah momen biasa sehari-hari menjadi video musik viral yang ajaib. Selain itu, Anda dapat menambahkan teks atau stiker ke video sebanyak yang Anda inginkan, sehingga Anda dapat dengan mudah menambahkan komentar lucu ke setiap video yang Anda rekam dengan aplikasi ini. Membuat video kolaborasi dengan teman-teman Anda terasa nyaman dengan Funimate karena Anda harus memilih lagu yang Anda berdua suka dan menggabungkan rekamannya menjadi satu klip. Jika Anda ingin mendapatkan akses ke beberapa opsi aplikasi yang lebih canggih, Anda harus melakukan pembelian dalam aplikasi.

Compete


Compete adalah alternatif TikTok unik dengan twist. Seperti namanya, Compete memungkinkan Anda menantang orang lain, memposting video, dan memenangkan hadiah uang tunai setiap hari. Tantangan baru diunggah oleh pembuat konten setiap hari, dan siapa pun yang ingin menyelesaikan tantangan tersebut hanya perlu memposting video kecil untuk melakukannya. 

Kemudian setiap orang yang menonton video tersebut memberikan suara untuk memilih pemenang. Melalui aplikasi ini, bahkan penonton pun bisa mendapatkan uang jika mereka memberikan suara jujur ​​pada tantangan dan dipromosikan ke peringkat 'juri terbaik'. Meskipun mirip dengan tantangan viral yang dikenal dengan TikTok, memasukkannya ke dalam platform adalah pendekatan unik terhadap formula yang melelahkan.

Kwai


Kwai adalah alternatif bagus lainnya untuk TikTok. Ini mendapatkan popularitas pada awalnya karena memungkinkan pengguna menghasilkan uang dan mendapatkan hadiah dengan mempromosikan aplikasi. Hal ini juga membantu mikro influencer membuat nama mereka di Kwai dan menghasilkan pendapatan . 

Aplikasi ini memiliki fitur luar biasa yang mirip dengan TikTok, seperti stiker gerak, efek khusus, filter, teks, dan alat pengeditan. Jika Anda menyukai video orang lain, Anda dapat melakukan sinkronisasi bibir dan mempostingnya di profil Anda seperti TikTok Duets. Di Kwai, Anda juga dapat memposting cerita seperti Instagram dan Snapchat, yang menghilang setelah 48 jam. Kwai juga menggunakan sistem DM yang kaya fitur, yang digunakan pembuat konten untuk berinteraksi dengan penggemar dan berkolaborasi dengan orang lain.

Cheez

Jika Anda memilih untuk menjadi anggota komunitas Cheez, Anda akan dapat melakukan lebih dari sekadar memproduksi video sinkronisasi bibir. Anda juga dapat memposting kategori video terpopuler di jejaring sosial ini termasuk vlogging, video komedi, atau fashion. Jika video Anda mendapat cukup suka, bagikan, dan komentar, Anda akan menerima hadiah. Di saat yang sama, Anda juga bisa mendapatkan hadiah dengan menonton video atau mengomentari postingan yang Anda suka.

Fitur pengeditan video mencakup alat pemotongan dan pemangkasan, sehingga Anda dapat dengan mudah menghapus semua kesalahan yang Anda buat saat merekam video musik Anda. Ada ratusan stiker, efek visual, dan filter langsung yang dapat membantu Anda membuat konten yang disukai pengikut Anda. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat memposting topik, memulai pertarungan, mengikuti berbagai tantangan, dan menunjukkan kreativitas Anda atau mencoba DanceOff, game menari seluler pertama. Jika Anda mencari aplikasi yang memungkinkan Anda menemukan video hebat dan membuat konten secara bersamaan, aplikasi Cheez adalah salah satu pilihan terbaik Anda.

Video Vigo


Vigo Video adalah alternatif India yang unik untuk TikTok. Dengan mayoritas penggunanya adalah orang India, Vigo Video memiliki perpustakaan musik dan dialog Bollywood yang luas. Seperti yang Anda harapkan dari semua alternatif TikTok, ia juga memiliki fitur praktis seperti alat pengeditan, sinkronisasi bibir, stiker gerak, font teks, dan filter kecantikan. 

Vigo Video juga memungkinkan Anda melakukan streaming langsung dan menghasilkan uang dengan menukar emoji api, seperti Twitch Bits. Selain menyukai, mengomentari, dan membagikan video favorit Anda, Anda juga dapat berlangganan pembuat konten favorit Anda untuk menonton lebih banyak video dari mereka. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url