5 Hal yang Saya Harapkan di Samsung Galaxy S25 Ultra

Samsung Galaxy S25 Ultra

Samsung Galaxy S25 Ultra

Samsung Galaxy S25 Ultra. Samsung Galaxy S24 Ultra merupakan salah satu smartphone terbaik di pasaran saat ini, tidak diragukan lagi. Anda mendapatkan kinerja luar biasa dengan chip Snapdragon 8 Gen 3, banyak RAM dan penyimpanan, kamera sebesar 200MP, dua lensa telefoto untuk zoom optik 3x dan 5x, integrasi S Pen, dan banyak lagi. Ini adalah paket yang sangat mengesankan.

Namun, belum sempurna. Bahkan, beberapa kelemahan bisa ditingkatkan pada versi berikutnya, Galaxy S25 Ultra. Berikut adalah apa yang saya harapkan akan saya lihat tahun depan.

Desain Baru

Galaxy S24 Ultra menggunakan desain yang sama dengan S23 Ultra, yang menggunakan desain yang sama dengan S22 Ultra. Secara sederhana, desain Galaxy S24 Ultra sedikit sudah terlalu umum saat ini.

Bukan berarti ada yang salah dengan desain secara keseluruhan, tetapi hanya terasa sedikit membosankan dan monoton. Ini bukan hanya masalah Samsung saja, untuk adilnya - hal yang sama juga berlaku untuk Google, Apple, dan bahkan OnePlus saat ini. Namun, hal ini tidak memberikan alasan bagi Samsung untuk diberikan kelonggaran. Akan lebih baik melihat adanya desain baru untuk seri Galaxy S25, termasuk S25 Ultra.

Kita sudah sampai pada titik di mana seri Galaxy S membutuhkan penyegaran desain. Meskipun desain baru tersebut belum terindikasi dari desas-desus, saya tentu berharap demikian.

Lebih Banyak RAM

Samsung menawarkan dua pilihan RAM dengan Galaxy S21 Ultra, memberikan pengguna opsi RAM 12GB atau 16GB, tergantung pada jumlah penyimpanan. Namun, Samsung menghapus opsi 16GB itu dengan Galaxy S22 Ultra, dan sampai saat ini belum mengembalikannya.

Meskipun RAM 12GB masih cukup, akan baik melihat kembalinya RAM 16GB dengan penyimpanan tertinggi (1TB) bagi mereka yang benar-benar menginginkannya. Terutama mengingat harga awal Ultra, akan menjadi keuntungan bagus untuk menjaga agar ponsel ini tetap relevan di masa mendatang.

Dan pertimbangkan ini: OnePlus 12 lebih murah dari Galaxy S24 Ultra, namun Anda bisa mendapatkan ponsel itu dengan RAM 16GB. Sebenarnya, tidak ada alasan mengapa Samsung tidak harus kembali menawarkan lebih banyak RAM untuk ponsel non-lipatannya yang paling mahal.

Penambahan kamera yang lebih baik dan zoom optik 10x

Salah satu keputusan yang paling membingungkan dengan S24 Ultra adalah penanganan Samsung terhadap lensa telefoto dalam sistem kamera quad.

Sementara Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki telefoto periskop 10MP yang mampu zoom optik 10x, Samsung mengubahnya pada S24 Ultra menjadi telefoto periskop 50MP dengan hanya 5x zoom optik. Memang, resolusi 50MP berarti dapat mengambil foto dengan resolusi lebih tinggi ketika di-zoom dengan kualitas potongan 10x yang berkualitas.

Zoom optik 10x merupakan salah satu daya tarik utama bagi S23 Ultra, jadi aneh bahwa Samsung memutuskan untuk menghapusnya dari daftar. Memiliki zoom optik 5x tidak terlihat sangat mengesankan di atas kertas, terutama ketika sebagian besar pesaing melakukan hal yang sama. Kamera telefoto 5x pada S24 Ultra sangat bagus, tetapi pergeseran dari 10x menjadi 5x tetap merupakan pilihan yang aneh. Semoga Galaxy S25 Ultra membawa kembali zoom optik 10x dengan lebih banyak megapiksel dan sensor yang lebih besar.

Sementara kita membahas hal itu, juga akan bagus untuk melihat Samsung meningkatkan jumlah megapiksel pada kamera ultrawide, untuk resolusi dan detail yang lebih tinggi.

Peningkatan Pengisian Cepat

Salah satu keuntungan besar yang dimiliki oleh sebagian besar ponsel Android dibandingkan iPhone, bahkan dengan pergantian ke USB-C, adalah kemampuan mereka untuk mengisi daya lebih cepat. Samsung pun dapat meningkatkan hal tersebut.

Sebagai contoh, OnePlus 12, ponsel flagship untuk tahun 2024, memiliki pengisian kabel cepat 80W atau 100W, tergantung pada wilayah tempat Anda berada. Meskipun demikian, bahkan jika Anda berada di Amerika Serikat dan mendapatkan kecepatan pengisian yang "lebih lambat", 80W masih cukup cepat. Dengan OnePlus 12, Anda dapat mengisi daya dari baterai yang benar-benar habis menjadi penuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Di sisi lain, Samsung Galaxy S24 Ultra masih terbatas pada pengisian kabel cepat 45W. Ini lebih baik daripada 25W dari model dasar Galaxy S24, tetapi meskipun begitu, 45W masih lebih lambat dibandingkan 80W.

Saya sangat ingin melihat Galaxy S25 Ultra mengisi daya dengan kecepatan yang lebih tinggi lagi. Melihat seberapa cepat OnePlus 12 mengisi daya membuat saya berharap Galaxy S24 Ultra saya bisa secepat itu. Tentu saja, dengan efisiensi daya yang lebih baik dari Snapdragon 8 Gen 3, Anda tidak perlu mengisi daya ponsel Anda sebanyak itu. Namun, peningkatan kecepatan pengisian kabel tidak akan merugikan, bukan?

Mengembalikan Penyimpanan yang Dapat Diperluas

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh banyak ponsel Android dibandingkan iPhone beberapa tahun yang lalu adalah kemampuan untuk memperluas penyimpanan melalui kartu microSD. Saat ini, semakin sulit untuk menemukan ponsel yang memiliki fitur ini, termasuk flagship teratas dari Samsung. Anda kemungkinan akan menemukan opsi ini pada ponsel dengan harga lebih rendah atau menengah, tetapi pasti tidak pada flagship mahal dari kebanyakan produsen.

Meskipun tidak mungkin, saya akan senang melihat Samsung mengembalikan penyimpanan yang dapat diperluas. Tentu, S24 Ultra hadir dalam versi 1TB, tetapi Anda harus membayar sejumlah uang yang tidak sedikit — $1,660, untuk menjadi tepat — untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan tersebut. Lebih memungkinkan bagi banyak orang untuk mendapatkan 256GB atau 512GB dan menambahkan lebih banyak penyimpanan melalui kartu memori ketika diperlukan.

Semakin sulit untuk menemukan ponsel flagship dengan penyimpanan yang dapat diperluas saat ini, jadi sangat tidak mungkin. Sudah empat tahun sejak Samsung terakhir kali menawarkan opsi tersebut pada Galaxy S20, bagaimanapun juga. Tapi hei, saya bisa bermimpi, bukan?

Kembalinya opsi penyimpanan yang dapat diperluas akan menjadi berita baik bagi pengguna yang membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan tanpa harus membayar harga yang sangat mahal untuk model ponsel yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar secara bawaan. Semakin terbatasnya pilihan ponsel flagship dengan opsi penyimpanan yang dapat diperluas mungkin akan mendorong produsen untuk mempertimbangkan kembali fitur ini dalam rancangan masa depan mereka.

Masih Butuh Waktu yang Lumayan

Baru saja, seri Samsung Galaxy S24 diluncurkan beberapa bulan lalu, jadi kita masih harus menunggu cukup lama untuk seri S25.

Meskipun S24 Ultra merupakan salah satu ponsel Android premium terbaik yang tersedia saat ini, masih ada ruang untuk perbaikan. Toh, dengan harga awal yang begitu tinggi, permintaan-permintaan ini tidak terlalu besar.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url